Accapella, from melody into harmony

Bermula dari menonton film komedi musikal PITCH PERFECT yang tak sengaja dibawa oleh salah satu teman semasa kos dulu, saya mulai suka mendengarkan grup accapella bernyanyi. Bulan Mei lalu, saat sekuel PITCH PERFECT 2 tayang, saya pun tak ketinggalan menonton aksi fat Amy dkk yang super konyol sekaligus awesome. Konyol karena ada saja tingkah kocak dalam film ini dan awesome karena mendengarkan bagaimana sebuah grup accapella bernyanyi itu membuat saya merinding.

Accapella, yang dalam Collin english Dictionary berarti “classical music without instrumental accompaniment”  telah mampu menyihir para penggemarnya (termasuk saya) dengan cara bernyanyinya yang menurut saya unik. Untuk orang awam seperti saya, keunikan itu terletak pada bagaimana grup ini bisa memadukan setiap jenis suara murni dari mulut menjadi satu harmoni yang enak didengar. Sungguh, bukan pekerjaan mudah menyuarakan nada alto, tenor, bass, atau beatboxing tanpa terganggu suara dari teman segrupnya. Fokus tinggi dewa kalau bahasa lebay-nya. (kemudian saya teringat saat-saat karaoke bareng teman, saat si teman menambahkan suara kedua, mendadak suara saya yg aslinya sudah fals jadi makin fals…LoL)

bernyanyi gaya accapella ini selain butuh fokus juga butuh teamwork yang solid. kalau salah satu anggotanya mau menang sendiri atau sok eksis, dijamin nggak bakal jadi. salut dengan orang-orang yang tergabung dalam grup accapella, yang dengan suara khasnya mampu meredam ego dan mengutamakan harmoni dalam lagu yang mereka nyanyikan. saya terutama dibikin ‘melongo’ oleh kemampuan beatboxing. menurut saya, ini olahraga lidah dan mulut yang teramat susah. pun ada saja orang jenius yang bisa memainkannya. My hat off to you, guys!

keasikan searching di youtube, saya jadi sering memutar ulang closing performance di film PITCH PERFECT 2, saat Emily dkk menyanyikan Flashlight (so emotional..I was moved).  berikut juga ada beberapa Accapella group yang suka saya dengarkan lagu covernya, diantaranya  Pentatonix (cover lagu Rather Be by Clean bandit) dan Filharmonic (cover All of Me by John Legend) cekidot!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s